Apr 24, 2014

Cina Raja Sumber Serangan Cyber

Belum lama ini telah kita dengar berita tentang serangan cyber Indonesia yang mengatas namakan Anonymouse Indonesia kebeberapa situs milik Australia. Serangan ini adalah simbol perlawanan anak bangsa terhadap tindak - tanduk Australia yang seenaknya menyadap pemimpin negeri ini.

Bicara masalah peperangan di media digital, sebenarnya  Indonesia saat ini menduduki peringkat 4 ( empat ) dunia sebagai sumber penyerangan. Dilansir dari Akamai pada Kuartal 4 - 2013, diperingkat ketiga dikuasai oleh Kanada, sedangkan Amerika Serikat menduduki peringkat kedua. Pada posisi teratas, Cina adalah negara paling banyak memiliki tentara cyber. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari tabel gambar berikut.
  
Picture by Akamai

Cina bisa dibilang saat ini menjadi negara paling ditakuti dalam hal perang digital, namun tidak kesemuanya asli warga Cina yang melakukannya.

Dijelaskan oleh Akamai sebagaimana misalnya, banyak sekali penjahat cyber tertangkap polisi dimana kewarganegaraannya adalah Rusia, namun dalam penyerangannya menggunakan alamat IP. salah satu wilayah negara Cina.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah dimana Korea Selatan, ?
Sedangkan kita ketahui bersama bahwa Korsel adalah negara yang memiliki koneksi kecepatan internet lebih besar bila dibandingkan Cina terlebih Indonesia. Untuk saat ini, Hongkong adalah negara yang paling bersahabat koneksi internetnya, rata-rata kecepatan koneksinya mencapai 68 Mbps, Amerika Serikat 43.7 Mbps, dan Korsel 21.9 Mbps.

Sedangkan kecepetan rata-rata global koneksi internet saat ini cenderung mengalami peningkatan bila dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tercatat pada kuartal terakir mencapai 5,5% atau 3,8 megabit perdetiknya.

0 comments:

Post a Comment