Jan 30, 2013

Pesawat Bahan Bakar Tenaga Surya "Solar Impulse" Akan Mengunjungi Amerika

Content picture from : Gigaom.com

Kurang lebih 10 tahun sudah, sebuah proyek besar telah diseleseikan. Dan hasilnya kini dapat kita lihat dengan adanya pesawat terbang yang diberi nama " Solar Impulse ".


Pada tahun 2003 Bertrand Piccard dan Andre Broschberg menggagas sebuah ide baru. Dengan memunculkan pesawat terbang yang memakai bahan bakar tenaga surya. Bahkan Solar Impulse juga di klaim sebagai pesawat bertenaga surya pertama kali di dunia yang sudah bisa mengelilingi bumi. Proyek ini ditunjang anggaran yang tidak sedikit, dana tersebut berkisar 90 juta uero dan akan memakan waktu kurang lebih 10 tahun. 


Solar Impulse dilengkapi dengan 12.000 panel-panel surya dan yang pastinya tidak membutuhkan bahan bakar. Ketika lepas landas, pesawat ini mampu mencapai ketinggian 9000 meter. Sesunggunya Solar Impuls pertama kali diterbangkan sekitar tahun 2009 lalu dan berhasil menyeleseikan penerbangan melintasi Swiss selama 26 jam sekitar tahun 2010. Hingga saat ini Solar Impulse telah sukses melakukan penerbangan diantaranya kawasan Mediterania bahkan telah melintasi jalur antar benua. Diawali negara asal pesawat tersebut yakni Swiss, dan singgah di Madrid Spanyol ( Benua Eropa ), dan akirnya mendarat di Maroko ( Benua Afrika ).

Content picture from : Gigaom.com

Content picture from : Gigaom.com
Content picture from : Gigaom.com
Content picture from : Gigaom.com

Dan sekarang, Solar Impulse dikabarkan akan melakukan perjalanan dengan tujuan Amerika. Rencanya penerbangan tersebut akan dilakukan sekitar bulan April depan dengan lepas landas di Utara California.


Diberitakan GIGA OM, dan dilansir kembali oleh Teknologird Blog. Tepatnya Selasa Malam kemarin, Bertrand mengungkapkan pernyataannya di acara  pemaparan tentang Solar Impulse yang ia buat di konsulat Swiss di Sanfracisco. Katanya " Kami ingin mengispirasi setiap orang untuk melampaui keterbatasan mereka, yang telah menetapkan untuk diri mereka sendiri ". Bertrand menambahkan " Kami ingin menunjukkan Solar Impulse adalah sebuah teknologi yang bersih ".


Ingin tahu lebih banyak tentang Solar Impulse, simak video di Youtube berikut :


 Sumber berita : GIGA OM
Sumber gambar : GIGA OM

0 comments:

Post a Comment