Oct 17, 2011

Virus Rubella Menyerang TKI Kita Di Hongkong

Berita mengejutkan datang para TKI kita yang ada di Hongkong. Sejumlah stasiun televisi swasta menayangkan berita tentang terjangkitnya gejala Virus Rubella.

Virus Rubella adalah sejenis campak Jerman ( sebuah symbol ) biasanya menyerang anak-anak, orang dewasa, dan ibu hamil.  Serangan penyakit ini menyebabkan pembengkakan kelenjar, sakit tulang sendi dan bintik-bintik merah di bagian muka hingga leher selama dua atau tiga hari.Dikutip dari Thestandard.com.hk ( 17 Oktober 2011 ) menyebutkan, Pusat Perlindungan Kesehatan (Centre for Health Protection)  kedapatan 3 BMI yang mengidap penyakit tersebut. Setelah diadakan survey lebih lanjut, setidaknya sekarang telah di kalim 11 BMI terjangkit penyakit tersebut.

Terlebih pada ibu hamil, Virus Rubella sangat berdampak buruk. Bisa mengakibatkan keguguran. Bayi lahir mati dan kelainan kongenital atau kelainan bawaan ( Syndrom Rubella Kongenital atau Congenital Rubella ).

Bagaimana cara mengobati ?
Untuk tahap penyembuhan sebenarnya tidak ada obat yang spesifik untuk mengobati infeksi virus Rubella. Namun obat yang diberikan biasanya bersifat untuk meringankan gejala yang timbul akibat infeksi ini. Hanya saja pada anak-anak dan orang dewasa, gejala-gejala yang timbul adalah sangat ringan. Berikut ini beberapa perawatan yang bisa dilakukan jika terinfeksi virus Rubella:  

1. Cara farmakologikal
  • Dengan Acetaminophen
  • Ini dapat mengurangi demam
2. Pengobatan rawat jalan ( di rumah )
  • Dikarenakan penyakit rubela merupakan penyakit yang ringan ( jika menyerang anak – anak dan orang dewasa ), seseorang yang menghidapi rubela boleh dijaga di rumah. Namun dengan menjaga suhu tubuh pesakit. Jika suhu tubuh mulai tinggi maka sebaiknya konsultasi ke dokter. Selain itu obat yang paling efektif untuk infeksi ini adalah dengan beristirahat. 
3.Pengobatan untuk wanita yang hamil
  • Pada wanita hamil jika terserang virus ini maka yang sebaiknya dilakukan adalah periksa ke dokter. Maka kemungkinannya doktor tersebut mungkin akanmemberikan suntikan immuneglobulin(IG). IG tidak dapat “menghilangkan virus rubella” tetapi IG dapat membantu dalam meringankan gejala-gejala yang diberikan oleh virus ini. Dan dapat mengurangi risiko – risiko pada janin. Dengan kata lain, IG dapat mengurangi gejala rubela tetapi tidak dapat menghilangkan risiko infeksi yang diberikan virus Rubella terhadap bayi tersebut.
Walaupun tidak ada obat yang spesifik untuk virus ini, namun dapat diberikan pencegahan yaitu dengan vaksin dalam bentuk vaksin kombinasi .

4 comments:

  1. baru dengar aku gan dengan virus yang satu ini

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya virus sejenis ini dari dulu udah ada brada. Cuma mungkin nama ilmiahnya saja kita yang cenderung kurang mengerti ( bagi khalayak ).

    ReplyDelete
  3. Virus biasanya hasil rekayasa....atau kegagalan suatu proyek penelitian...hii....ini terror berbahaya, dan ujung-ujungnya Indonesia jadi bulan-bulanan seperti kasus flu burung asal Hong Kong, yang disiksa telinga rakyat Indonesia selama bertahun-tahun oleh propagandanya, padahal di kita hanya suspect

    ReplyDelete
  4. To Manusia Melek :
    Ada sebab, ada akibat. ada virus, ada anti virus...toh akhirnya juga materi yang di perjual belikan.
    terima kasih
    salam

    ReplyDelete