Aug 13, 2011

Kuliner Khas Jombang


















1. Jombang Bakso Mama


Pengen makan bakso enak di Jombang? Ya bakso Mama. Ada 3 cabang di Jombang, yaitu bakso Mama embong miring Denanyar, bakso Mama Klentheng, dan bakso Mama jalan Siliwangi. Warung bakso ini tak pernah sepi pengunjung, terutama di cabang embong miring. Rasa nikmat, harga juga terjangkau.


Bakso Mama, rasanya bisa dikatakan bakso khas Jombangan. Jadi memang pas buat selera orang Jombang. Tapi, bagi penggemar bakso dari daerah lain, tak ada salahnya mencoba bakso khas Jombangan. Harga yang dipatok mulai Rp 5.000-an, juga pas buat dompetnya orang Jombang. Tidak mahal, tidak murah. Penasaran? Tak ada ruginya mencoba makanan buatan Jombang. Semua yang khas, pasti mantap!

2. Bakso Nuklir

Bakso terlezat di daerah jombang adalah bakso nuklir yang sering kita jumpai,tapi cuma ada di ngoro, mojowarno dan jombang.

3. Nasi Kikil Mojosongo Jombang
Sudah pernah mencoba nasi kikil? Ternyata masakan khas Mojosongo, Jombang ini cukup unik dan tidak sama dengan menu kikil kebanyakan yang biasa menggunakan lontong dengan kuah berlinangan. Tak heran bila penikmatnya selalu rutin datang ke kawasan jalan raya Mojosongo – arah dari stasiun Jombang ke Diwek – setiap hari, khususnya pada musim mudik lebaran.
Pada kesempatan silaturahmi Idul Fitri lalu, saya juga tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencoba kenikmatan nasi kikil ini. Petang baru menjelang, ketika saya singgah di salah satu warung pinggir jalan yang sudah dijubeli pembeli. Deretan mobil berpelat nomor luar daerah tampak memenuhi antrean. 


4. Soto Dok Khas Jombang
Jombang Kota Beriman, memiliki sebuah ikon kota yang bernama “ringin contong”. Di dekat ringin contong inilah ada tempat makan yang terkenal bagi orang asli Jombang baik yang masih tinggal di sana maupun yang sudah merantau ke kota lain. Tempat makan tersebut hanya menjual soto dhog. Tempat makan yang mengutamakan kesederhanaan, membuat banyak orang yang memiliki kenangan akan tempat ini merasa nyaman.



3 comments: